Mencoba Menghitung Berapa Biaya Kuliah Di Jepang

Ohayou Gozaimasu! Tak terasa sudah sampai hari sabtu lagi, jadwal dimana saya biasanya mengurus kembali blog ini. Kali ini saya mencoba untuk sedikit membahas mengenai biaya kuliah di Jepang. Mungkin saja postingan saya tentang biaya kuliah di Jepang ini bisa membantu terutama bagi yang mau kuliah di Jepang dengan biaya sendiri karena bagi yang biaya sendiri perkiraan biaya sangat diperlukan dan harus dipersiapkan jauh hari sebelum datang ke Jepang.

Jika dibandingkan dengan kuliah di Indonesia, biaya kuliah di Jepang tentu saja jauh lebih mahal. Ya iyalah….masak lebih murah, khan gak mungkin. Jika kita mengambil perbandingan yang lain, misalnya saja biaya kuliah di Indonesia dibandingkan dengan negara lain misalnya Australia atau Amerika, hasilnya juga gak akan beda, tentu saja biaya kuliah di Australia dan Amerika jauh lebih mahal. Tapi mahalnya biaya pendidikan di Jepang, Australia, Amerika atau negara maju yang lain tentu saja berbanding lurus dengan ilmu yang bisa diperoleh selama studi. Kalau orang jawa bilangnya ‘ono rego ono rupo’ …. ada harga, ada mutunya. Karena bagaimanapun juga faktor latar belakang institusi pendidikan tempat studi seseorang mempunyai sumbang sih yang tidak sedikit bagi mutu lulusannya selain faktor kemauan untuk belajar dari individu yang bersangkutan.

Kembali ke soal biaya kuliah di Jepang. Oh iya, saya garis bawahi ini adalah biaya kuliah di Jepang, saya tidak membahas biaya kuliah di negara lain karena saya tidak tahu dan tidak punya pengalaman studi di luar Jepang. Supaya lebih detail dan mengena saya mencoba mengupas satu persatu, dibagi berdasarkan jenjang pendidikan dan saya sertai contoh  yang saya ambil dari institusi pendidikan di Jepang.

1. Biaya Sekolah Bahasa Jepang

Pengalaman saya pribadi, sekolah bahasa Jepang atau dalam bahasa Jepang disebut dengan nihongo gakkou, adalah pintu saya masuk ke Jepang. Jadi awal mula dan institusi pendidikan yang pertama kali saya masuki di Jepang adalah sekolah bahasa Jepang. Peran sekolah bahasa Jepang ini sangat penting terutama bagi yang ingin meneruskan kuliah di Jepang. Di sekolah bahasa Jepang kita diajari seluk beluk bahasa Jepang mulai dari kosakata, grammar atau bunpou, kanji sampai peribahasa. Karena diajari langsung oleh orang Jepang dan suasana lingkungan yang mendukung, kemampuan bahasa Jepang seseorang yang belajar di Jepang biasanya terdongkrak dengan cepat. Pengamatan saya pribadi, pelajar yang tidak punya background pendidikan bahasa Jepang di Indonesia, kemudian belajar 2 tahun di sekolah bahasa Jepang di Jepang kemampuannya secara umum akan sama, bahkan ada yang lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan lulusan S1 bahasa Jepang yang belajar 4 tahun di Indonesia. Biasanya lulusan sekolah bahasa Jepang menang di kanji dan listeting. Karena alasan itu tadi, faktor sensei dan lingkungan yang mendukung proses belajar bahasa Jepang.

Terus mungkin ada pertanyaan berapa biaya untuk sekolah bahasa Jepang di Jepang? Kalau bicara biaya sekolah bahasa Jepang, maka akan kita dapatkan data yang berbeda beda. Saya kira ini wajar dan harap maklum karena masing masing sekolah bahasa menetapkan biaya yang berbeda seperti halnya sekolah atau universitas di Indonesia. Sebagai contoh saja, saya sertakan biaya sekolah bahasa Jepang di Jepang untuk 1 tahun dengan merujuk pada biaya sekolah sebuah sekolah bahasa di daerah Nagoya yaitu Nagoya International School Of Japanese Language.

Jangka Waktu

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya SPP

April – September

Oktober – Maret

Total

1 Tahun

20.000 Yen

80.000 Yen

270.000 Yen

270.000 Yen

640.000 Yen

Sebagai perbandingan saya sertakan biaya sekolah bahasa untuk 1 tahun di daerah Shinjuku, Tokyo yang bernama Shinjuku Japanese Language School.

Jangka Waktu

Biaya Lain

Biaya Masuk

Biaya SPP

April – September

Oktober – Maret

Total

1 tahun

40.345 Yen

40.000 Yen

330.000 Yen

330.000 Yen

770.345 Yen

Diatas adalah sedikit perbandingan contoh biaya sekolah bahasa di dua sekolah bahasa yaitu Nagoya International School Of Japanese Language di Nagoya dan Shinjuku Japanese Language Shool di Tokyo. Sekali lagi biaya sekolah bahasa tidak sama karena tergantung dari sekolah bahasa masing masing.

2. Program Sarjana

Program bachelor atau setingkat sarjana di Jepang bisa ditempuh dalam waktu 4 tahun seperti halnya di Indonesia. Soal biaya, untuk universitas swasta sangat tergantung pada jurusan dan  universitasnya. Akan saya coba untuk sedikit memberikan gambaran tentang berapa biaya untuk program sarjana di Jepang. Sebagai contoh saya ambil biaya kuliah di jurusan tehnik mesin tahun pertama di Nihon University atau Nihon Daigaku di daerah Tokyo.

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya Praktek

Biaya Gedung

Biaya SPP

April – September

Oktober – Maret

Total

30.000 Yen

260.000

Yen

80.000 Yen

220.000 Yen

450.000

Yen

450.000

Yen

1.490.000

 Yen

Selanjutnya marilah kita lihat berapa biaya kuliah jenjang sarjana di universitas negeri di Jepang. Saya ambil contoh biaya kuliah jenjang sarjana di Hiroshima University atau Hiroshima Daigaku. Biaya kuliah berlaku sama untuk semua jurusan.

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya SPP

Total

April – September

Oktober – April

30.000 Yen

282.000

Yen

267.900

Yen

267.900

Yen

846.000

Yen

Jika kita bandingkan akan terlihat perbedaan yang cukup besar diantara 2 universitas tersebut, apalagi jika nilainya dikurs-kan ke dalam rupiah.

3. Research Student

Didalam postingan saya yang lain telah saya jelaskan bahwa research student dalam paradigma universitas di Jepang adalah sebuah program untuk mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan S2 atau S3. Untuk lebih jelasnya apa itu research student akan saya usahakan untuk membahasnya dalam judul yang lain. Sekarang mari kita lihat dulu berapa kira kira biaya yang diperlukan. Seperti halnya sekolah bahasa Jepang, biaya research student juga berbeda beda tergantung pada jurusan dan universitas yang menyelenggarakan.

Sebagai perbandingan saja, akan saya coba jelaskan biaya research student dari 2 universitas yang berbeda. Yang pertama, adalah biaya research student untuk 1 tahun di sebuah universitas negeri di daerah Aichi yaitu Aichi University of Education atau Aichi Kyoiku Daigaku. Biaya ini saya dapatkan langsung dari website Aichi University of Education untuk tahun ajaran 2012/2013 :

Jangka Waktu

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya SPP

Total

April – September

Oktober – April

1 Tahun

9800 Yen

84.600 Yen

178.200 Yen

178.200 Yen

450.800 Yen

Perbandingannya adalah biaya research student untuk 1 tahun di jurusan manajemen di sebuah universitas swasta di daerah Tokyo yaitu Nihon University atau Nihon Daigaku tahun ajaran 2012/2013.  Data ini saya peroleh langsung dari website jurusan manajemen, Nihon University.

Jangka Waktu

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya Bimbingan

Total

1 Tahun

35.000 Yen

50.000 Yen

120.000 Yen

205.000 Yen

Jujur saja, saya juga kaget dan baru tahu setelah saya bandingkan kok biaya research student di Nihon University jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya research student di universitas negeri di Jepang.

4. Biaya Kuliah Master

Selanjutnya adalah biaya kuliah untuk program master di Jepang. Menurut penelusuran saya, dalam satu universitas swasta biaya kuliah master bisa berbeda tergantung dari jurusannya. Tapi di universitas negeri hal itu sepengetahuan saya tidak ada, artinya biaya kuliah master sama tidak tergantung jurusan. Sebagai contoh saja, dibawah ini adalah biaya master tahun pertama di program bisnis di Nanzan University atau Nanzan Daigaku di daerah Nagoya.

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya

Lain

Biaya SPP

Total

April – September

Oktober – April

30.000 Yen

300.000 Yen

105.000

Yen

287.000

Yen

287.000 Yen

1.009.000

Yen

Untuk perbandingan dibawah ini adalah biaya kuliah master di sebuah universitas negeri di daerah Nagoya yaitu Nagoya Institute of Technology atau Nagoya Kogyou Daigaku. Sekali lagi biaya kuliah master sama untuk semua jurusan.

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya SPP

Total

April – September

Oktober – April

30.000 Yen

282.000

Yen

267.900

Yen

267.900

Yen

846.000

Yen

Diatas adalah contoh biaya dari 2 universitas. Setelah kita amati memang ada perbedaan yang cukup banyak antara biaya kuliah diantara 2 universitas tersebut.

5. Program Doktor

Selanjutnya adalah program doktor. Kalau kuliah doktor di Indonesia biayanya selangit, di Jepang juga sama, jadi sama sama selangit hehehe. Mahal ya pasti karena memang jenjangnya beda banget. Sama seperti sebelumnya saya mencoba untuk membandingkan biaya program doktor antara 2 universitas. Contoh yang pertama saya ambil dari biaya program doktor bidang manajemen tahun pertama di sebuah universitas swasta di daerah Tokyo yaitu Kokushikan Daigaku.

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya Praktek

Biaya Gedung

Biaya SPP

April – September

Oktober – Maret

Total

30.000 Yen

290.000 Yen

20.000 Yen

135.000 Yen

   325.000      Yen

325.000   Yen

1.125.000

 Yen

Bagaimana dengan biaya program doktor di universitas negeri. Ternyata setelah saya perhatikan, biaya program doktor di unversitas negeri sama dengan biaya program master. Sebagai contoh saja, biaya program doktor di Hiroshima University untuk semua jurusan adalah sebagai berikut.

Biaya Ujian

Biaya Masuk

Biaya SPP

Total

April – September

Oktober – April

30.000    Yen

282.000

Yen

267.900

Yen

267.900

Yen

846.000

Yen

Itulah sekilas gambaran biaya kuliah di Jepang dari program bahasa Jepang, jenjang sarjana, research student, master sampai doktor. Sekali lagi, meskipun ini saya ambil langsung dari website masing masing institusi atau universitas tapi tetap saja merupakan sebuah gambaran saja. Yang perlu diingat, biaya di universitas swasta berbeda tergantung jenjang dan jurusan yang diambil. Sedangkan untuk universitas negeri, biaya kuliah berlaku umum artinya sama pada setiap jurusan.

Semoga saja postingan sederhana ini berguna terutama bagi yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang. Oh iya, saya tidak bermaksud menakut nakuti dengan angka angka yang apabila dikurs-kan ke rupiah jumlahnya luar biasa besar. Karena kenyataanya memang seperti itu. Tapi jika anda sudah di Jepang, sekolah dan bekerja disini, tahu biaya hidup dan harga harga di jepang, maka anda akan bisa membayangkan dengan kacamata kehidupan Jepang bukan kacamata kehidupan di Indonesia. Jika sudah begitu, hasil imajinasi akan berbeda jauh. Kalau saya pribadi berpendapat, mahal sih mahal….tapi masih bisa terjangkau dengan tangan kita apabila kita sungguh sungguh untuk itu.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk menggapai cita cita kita!

Aichi, 26 Mei 2012

About these ads

33 thoughts on “Mencoba Menghitung Berapa Biaya Kuliah Di Jepang

  1. Waah makasih banyak infonya bmanfaat banget. Jadi ga takut-takutan lagi nglanjutin sekolah di sana ;)

    • sama sama….sekali lagi bukan nakut nakutin. kenyataan memang segitu. tapi jika berusaha maksimal dan berdoa sungguh sungguh, saya akan ada jalan keluar. tetap semangat!

      • hi…ada email atau social messenger??lagi penat banget nih tntg mau atau g lanjutin di jepang…
        tq..

  2. Saya tertarik nih untuk research, S2 dan kerja di jepang. Mau tanya nih kl kita langsung daftar yang research studentnya bisa gak? Mksdnya research student yang sekalian ada paket 6 Bulan belajar bahasa. Thanks

    • salam kenal. menurut pengamatan saya selama studi dan bekerja di jepang, biasanya yang daftar dari indonesia dan langsung masuk ke research student (RC) adalah mahasiswa yang pakai beasiswa. misalnya saja monbusho, program G to G atau U to U. kalau yang pakai beasiswa 90% biasanya masuk program RC dulu. tapi selama ini saya belum pernah mendengar atau ketemu mahasiswa program RC yang biaya sendiri yang apply dari indonesia. kalau bisa, ini sebenarnya kesempatan emas ya…biayanya lebih murah dan masa studinya bisa diperpendek. ibaratnya potong kompas. tapi ya itu tadi, sepengetahuan saya tidak bisa. thanks.

      • Wah sulit juga ya.Berarti kalau niat harus gerilia cari University yg Prof.nya sesuai dengan minat kita dan bisa rekomendasi u/ U to U. Hufff. Btw kalau ikut prog. bahasa dulu paling cepat brp lama ya? 1 tahun / 2 tahun?..Ohya sekali lagi info blognya bagus bangett, detail dan bisa buat acuan :)

      • biasanya ya, untuk masuk RS ada intervie dgn beberapa sensei. berarti pelamar harus datang ke jepang. kalau posisi di indonesia tentu gak bisa datang buat interview. sedang kalau apply visa hanya untuk interview saja dipastikan visa gak akan keluar. ini salah satu sebab kenapa RS yang biaya sendiri gak bisa apply dari indonesia. kalau yang beasiswa proses seleksi, interview dll sudah selesai di indonesia, jadi tinggal masuk saja menjadi mahasiswa RS.

        kalau lama program bahasa macem macem tergantung kebijaksanaan sekolahnya. biasanya 1.5 tahun dan 2 tahun. semoga penjelasan saya ini berkenan. tksh.

  3. Ya termkasih cukup jelas koq..the last but not least :P, misalnya saya sudah S1 disini(indo) dan kira2 4 taun pengalaman kerja. Apakah memungkinkan setelah lulus program bahasa langsung kerja saja(fulltime), jadi tdk melanjutkan ke RS / Post Gr. Dan Kemudian nnt masuk lagi sebagai visa pekerja. Arigatou Gozaimasu ^ ^

    • pengalaman kerja di indonesia tdk bisa menjadi referensi untuk apply visa kerja. banyak kok yang sdh kerja di indo beberapa tahun baru ke jepang masuk sekolah bahasa. terus ya, aturan imigrasi jepang sampai juli 2012 ini menyebutkan bahwa lulusan sekolah bahasa dan research student tidak bisa apply visa kerja. yang bisa apply visa kerja itu lulusan diploma 3, s1,s2 atau s3. diploma 2 bisa atau tidak maaf saya kurang tahu. kochira koso…

  4. mas mau request dong.
    tolong bikin tahapan mas bisa ke jepang seperti apa saja berkas yg harus di siapkan dll tolong ya mas. soalnya saya berniat juga kuliah di jepang..

  5. mas mau request dong.
    tolong bikin tahapan mas bisa ke jepang seperti apa saja berkas yg harus di siapkan dll tolong ya mas. soalnya saya berniat juga kuliah di jepang..

    ditunggu mas

  6. mas pelajar asing memang diharuskan untuk sekolah bahasa dulu ya? tidak bisa langsung masuk universitas?

    • untuk s1 baik biaya sendiri maupun beasiswa harus bisa bahasa jepang. ada universitas yg minta level 1 ada jg yg minta level 2 tergantung grade-nya. untuk s2-s3 dgn biaya sendiri biasanya juga perlu level 1 atau 2 ditambah toeic atau toefl. untuk s2-s3 dgn beasiswa tidak harus pinter bahasa jepang, bisa percakapan sehari hari saja sudah cukup karena nantinya saat kuliah bisa pakai bahasa inggris.

  7. Salam kenal sy Eddy, sy mau tanya, yg mas tampilkan adalah uang kuliah per tahun,
    1. apakah pada saat mendaftar harus membayar uang kuliah per tahun?
    2. pengurusan visa untuk kuliah bahasa trlebih dahulu sblm S3 apakah susah?
    3. Untuk penerimaan murid baru bahasa dimulai bulan berapa ya biasanya? Sy lg mau mencoba monbusho u to u dan g to g, kalau tidak lolos sy mau coba biaya sendiri..

    Terima kasih :D :D

    • salam kenal juga mas. maaf, kalau saat ini saya tidak tahu pasti mas, soalnya sy kesini maret 2003. mungkin saja ada perubahan. jadi jawaban saya dibawah ini berdasarkan pengalaman saat itu.

      1. tergantung sekolah bahasanya, ada yang harus bayar uang pendaftaran ditambah spp 6 bulan. ada juga yang lebih dari itu.
      2. kalau sudah diterima sekolah bahasa, pihak sekolah bahasa akan mengirim eligiliby. nah eligibility ini tinggal dibawa ke kedubes jepang untuk modal buat visa. kalau sudah ada elibility boleh dikatakan visa ada ditangan karena ibaratnya tinggal nukar jadi visa. yang susah itu saat nyari elibility tersebut. ada syarat syarat yg harus dipenuhi.
      3. biasanya untuk yg sekolahnya 2 tahun dimulai april. untuk yang sekolahnya 1,5 tahun dimulai oktober.

      anda mau S3 ya? kalau misalnya anda sudah lulus S2 dan pingin S3 lebih baik fokus ke u to u atau g to g. saya punya pikiran gini krn kayaknya anda sudah lulus S2 dan ingin S3. soalnya kalau habis sekolah bahasa terus S3 biaya sendiri menurut saya berat juga. harus ada back up dana yang mencukupi untuk berjaga jaga misalnya gak dapat beasiswa. S3 sambil part time bisa saja, tapi harus ada back up dana agar bisa tenang sekolah.

      terimakasih kembali ^_^

  8. Mas, Mau nanya… saya kan kepingin nglanjutin ke S1 di jepang, misalnya langsung daftar S1 gitu bisa apa gk ? tanpa sekolah bahasa.

    • secara umum tidak bisa. kita pakai kasus lain misalnya mau kuliah ke amerika atau eropa maka harus belajar bhs inggris. begitu juga kalau mau kuliah ke jepang ya berarti harus belajarbahasa jepang.

      kecuali kasusnya khusus misalnya masuk kelas internasional yg pengantarnya bhs inggris maka bhs jepang nggak bisa juga tidak masalah atau datang ke jepang pakai beasiswa untuk lanjut S2 atau S3 bhs jepang juga bisa dinomerduakan.

  9. salam kenal mas, ingin tanya. semua biaya kuliah ditanggung agan? dari biaya ujian, biaya masuk, biaya spp, dan biaya hidup dengan kerja part time?

  10. hajimemashitte, watashi wa Susura desu. hontoni mo ikai ikitai desu. Seandainya sy so lulus S1 di Indonesia, untuk program bahasanya hrs di Jepang mas ? Untuk usia wa kamanai desuka? dono gurai ga daizobu desuka? to ikuragurai Nihongo benkyou musi Nihon no gakou desuka ? ja matta iro-iro kikitai desu. Yoroushiku onegaishimasu. Arigatou gozaimasu. Susura.

  11. Matta watashi desu. Oni san…. watashi wa Nihon e ikitai desu. Demo zen-zen do yu kanji ga ikimasuka? Nihon no segatsu wa dai tsuki desu. Nanka musi Indonesia ga Benkyou no Pascasarjana wattara Manajemen Pendidikan , Nihon ga sensei ni naritai desu. Sekolah Indonesia no Tokyo no sensei ni yaritai desu. Bgm cara melamar untuk menjadi guru di sekolah tsb? Arigatou. Susura.

    • おはようございます。日本語で色んな質問が出てきましたが、言葉・文法的に間違って、逆に僕は理解できなくなりました。日本に行きたいという気持ち山ほどいっぱいあるのはわかりましたが、聞きたい事・質問はしっかり整理しないと、こちらも大変です。あなたが言いたいことがわからないことから、どこからどこまで・どういうふうに説明すればいいのかわからなくて、困っています。とにかく、聞きたい事はは整理・明確にして、質問して下さい。また、毎回毎回同じことを説明するのは大変な事だから、他の日本での勉学・生活などのポスティングを必ず読んだあと、質問して下さい。最後、日本語を練習しながら質問するのは大変いい事だと思いますが、わかりずらいの原因になるから、母国語で質問したほうがいいですよ。マッテイマス…..

  12. Permisi, saya ingin bertanya. Kira-kira seperti apakah kuliah S-2 di Jepang? Apakah memiliki kurikulum / bahan pelajaran yang sama seperti kuliah S-2 di Indonesia? Lalu apakah mahasiswa asing di Jepang dapat bekerja full-time / part-time? あなたの助けに感謝.

    • selamat pagi. kuliah di jepang sistemnya sama dengan di indonesia baik s1,s2 atau s3. mata kuliah atau bahan pelajaran saya kira juga tidak jauh berbeda dengan indonesia. yang membedakan menurut saya adalah dosen dan fasilitas lab. dosen di jepang dari segi tingkat pendidikan dan pengalaman lapangan menurut saya masih lebih baik dibandingkan dengan dosen di indonesia. untuk mahasiswa tehnik, fasilitas lab juga jauh lebih memadai dari sisi teknologi maupun yang lainnya. ini diakui sendiri oleh beberapa dosen PT di indonesia yang pernah satu kampus dengan saya dulu. mahasiswa asing bisa dan punya hak untuk tetap melakukan kerja part time dan aturan ini resmi dari imigrasi jepang. kochira koso……

  13. minna san , ohaa sensei

    saya punya rencana lanjutin S2 di Jepang… tapi untuk bahasa masih perlu dikembangkan nih. Kalau mau sekolah bahasa langsung ke Jepang nyari sekolh bahasa apa di Indonesia juga ada ?

    terus test untuk S2 apa aja sensei ? mohon di jawab ya sensei

    Arigatou :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s