Kena Badai Di Puncak Gunung Fuji

Yang namanya hobi itu emang unik ya….kadang kadang bagi orang lain hobi kita itu dipandang aneh. Tapi itulah manusia, satu kepala ribuan pemikiran. Sepuluh kepala bisa jadi belasan ribu pemikiran. Ya…itu adalah hal yang wajar. Selama pemikiran itu baik dan positif tidak masalah, jadi malah bisa menjadikan hidup kita jadi warna warni. Bagiku hobi orang, tentu saja yang sifatnya positif tanpa melupakan tanggung jawab tetap harus diapresiasi, karena dengan menyalurkan hobi kadang pemikiran menjadi lebih terbuka, punya pengalaman baru sehingga ide ide yang cemerlang dapat keluar tanpa disangka sangka.

Kembali ke hobi, aku itu suka banget sama kegiatan outbond, Yang paling aku senangi itu naik gunung sama caving. Soal ini orang tua sering protes, katanya bahaya…capek, kurang kerjaan dll…hehehe. Tapi no problem, namanya juga orang tua, yang penting nggak dibantah langsung saja. Kalo naik gunung sudah beberapa kali aku lakukan. Sewaktu masih sekolah di Indonesia, aku pernah naik merapi, merbabu sama lawu. Masing masing sekali. Tiba di Jepang, hobiku yang ini tetep aku jaga. Meskipun waktunya terbatas banget, alhamdulillah aku tetep bisa aku lakukan. Yah…titik tertinggi di Jepang, manalagi kalo bukan gunung fuji, 3776 meter sudah pernah aku capai sampai 3 kali.

Bulan pertengahan Juli 2009 aku bingung, liburan musim panas bulan agustus sudah dekat tapi nggak ada rencana sama sekali mau liburan kemana. Iseng aku telpon temen main, namanya kita singkat saja A. Aku tanya liburan musim panas agustus mau kemana? Di jawab belum ada rencana, tapi sabtu ini mau naik Fuji. Wah….aku sudah lama nggak naik Fuji, terakhir tahun 2004, jadi sudah 5 tahun yang lalu. Akhirnya tanpa basa basi, aku bilang ikut naik. Aku inget, aku telpon A hari kamis….naiknya malam minggu. Dengan kata lain, semua serba mendadak tanpa persiapan yang matang terutama fisik. Modal nekat hehehe….Kalo tidak salah 18-19 Juli 2009 kembali menjejakkan kaki di gunung Fuji. Member saat itu 4 orang.

Singkat kata…setelah perjalanan naik kereta sekitar 3 jam disambung naik bis selama 1 jam, kami nyampe pos lima, orang Jepang bilangnya gogome. Ini pos terakhir yang bisa dicapai dengan bis, sampai pos lima sekitar jam 18.15. Wah memang salah kami…semangat yang menggebu gebu mengakibatkan ada hal penting yang seharusnya jadi perhatian kami ternyata terlupakan begitu saja. Ya….perkiraan cuaca! walaupun cuaca didaerah gunung Fuji susah ditebak, tapi aku sendiri sama sekali nggak ngecek perkiraan cuaca saat pendakian kali ini. Alhasil…saat turun dari bis, sudah dihadang dengan cuaca kurang bersahabat, mendung dan angin bertiup cukup kencang. Tapi yang namanya orang nekat…cuaca dibawah jelekpun, kami tetep bertekat naik Fuji. Tanggung sudah nyampe gogome kok balik kanan pulang ke rumah. Apalagi lihat pendaki yang lain terutama orang Jepang pada naik juga. Kita mikir yang lain bisa kita pasti bisa hehehehe….pemikiran sederhana emosional ya.

Setelah istirahat sekitar 1 jam, akhirnya jam 19.30 kami start ninggalin pos lima. Setapak demi setapak, selangkah demi selangkah…menyusuri jalur pendakian yang sudah dirancang khusus tapi terjalnya minta ampun. Sampai di pos tujuh, ternyata ada member yang tidak kuat, kayaknya masuk angin…dia muntah muntah, akhirnya kesepakatan bersama dia kami tinggal di pos tujuh…tidur di situ. Tinggal kami bertiga melanjutkan perjalanan. Singkat cerita…aku sampai pos 10 (puncak) sekitar jam 3.30. Segera aku cari tempat yang datar, langsung tidur. Baru sekitar 30 menitan tidur….kisah pahit itu datang. Hujan dan angin kencang menyapu puncak Fuji…Padahal saat itu Fuji penuh dengan pendaki. Aku berani ngomong…saat itu kalo cuman 500 orang aja ada disitu. Semua pada basah kuyup, badan capek, ngantuk…plus kedinginan, perkiraan suhu sekitar 5 derajat.

Aku bingung….gimana dengan yang lain, 2 orang temenku yang ikut naik tadi. Dimana mereka…gimana keadaannya. nggak bisa kemana mana saat itu…angin kencang sekali. Orang berjalan tidak bisa tegak, semua membungkuk dan bergandengan tangan agar tidak kabur kena tiupan angin. Sekitar jam 7 pagi…aku bertemu dengan mereka. Ya Alloh…bersyukur sekali lihat temenku tadi, semuanya selamat. Kami segera nyari tempat berteduh yang aman Waktu berjalan…tapi hujan angin tetep tak berhenti juga, Kami bingung semua….kami mikir nggak bisa turun, nggak bisa pulang ini. Akhirnya kami sepakat, kita tunggu sampe jam 9 pagi. Kalo tidak juga berhenti hujan badainya, mau nggak mau kita harus turun….harus nekat, karena ngejar jadwal bis dan kereta. Memang saat itu Tuhan berkehendak lain….ditunggu sampe jam 9 pagi, hujan badainya tidak berhenti juga. Akhirnya dengan hati hati…pelan pelan, pegangan batu sama tambang kami turun dari Fuji. Saat itu bener bener takut…saat itu ngrasain emang manusia itu kecil dan lemah sekali. Angin begitu kencang…kalo kami nggak hati hati atau lagi nasibnya jelek, bisa bisa terbang ketiup angin masuk jurang yang dalamnya setengah mati. Mungkin juga kejatuhan batu yang dari lereng diatas kita. Tapi alhamdulillah…dengan hati hati, pelan pelan kami bisa mencapai pos lima lagi dan berkumpul dengan teman yang kita tinggal di pos tujuh tadi. Kami istirahat disitu…suasana sudah sedikit lebih tenang sehingga semua unek unek dikepala kita ceritain, kisah pahit yang bener bener tidak bisa dilupakan. Saat itu kami bilang, sudah… ini yang terakhir ! …..kapok kami naik Fuji hehehe….

Itu sedikit cerita pendakian gunung Fuji, sekitar bulan Juli 2009. Pendakian yang penuh derita hehehe….

Salam hangat dari Aichi, Jepang

2 thoughts on “Kena Badai Di Puncak Gunung Fuji

1. waa alhamdulillaah selamat yaa….pastinya seru ya kondisinya …mmmhh apakah bulan agustus juga pernah ada badai di gunung fuji???……
    mohon infonya karena rencana , saya mau kesana…..thx b4

• salam kenal. gunung fuji dibuka untuk pendakian umum bulan 7-8. nah, sy kena badai itu pas bulan agustus. tp badai di gunung itu umum terjadi kok, tidak tergantung bulan atau musim. selamat mendaki gunung fuji!