Salam Dalam Bahasa Jepang

Belajar bahasa orang lain itu jelas memerlukan strategi agar hasilnya optimal. Dalam konteks belajar bahasa Jepang, menurut pengamatan saya, minimal ada 3 strategi yang bisa diterapkan agar lebih efektif., yaitu bertahap, praktek dan kontinuitas. Bertahap karena bahasa Jepang itu ada tingkat kesulitannya. Secara umum ada basic, intermediet sampai advance. Praktek, saya kira ini jelas karena dengan dipraktekkan, bunyi maupun kecepatan memahami materi percakapan menjadi lebih lancar. Kontinuitas, dalam semua proses belajar kontinuitas baik pengulangan maupun pengembangan mutlak diperlukan. Pengalaman pribadi saya, poin yang terakhir ini adalah poin yang paling susah. Saat mulai bener bener semangat, tapi setelah 2-3 minggu semangat luntur sampai akhirnya berhenti total hehehe…

Oke, sekarang kita mulai belajar bahasa Jepan saja. Kita mulai dari yang paling mudah, yaitu mengucapkan salam dalam bahasa Jepang. Huruf hiragana juga saya tuliskan sekalian sebagai perkenalan huruf hiragana.

  1. Ohayou Gozaimasu (おはよう ございます) : Selamat pagi
  2. Konnichiwa (こんにちは) : Selamat siang
  3. Konbanwa (こんばんは) : Selamat malam
  4. Sumimasen (すみません) : Maaf
  5. Gomennasai (ごめんなさい) : Maaf
  6. Douzo (どうぞ) : Silahkan
  7. Odaijini (おだいじに) : Semoga cepat sembuh
  8. Itadakimasu (いただきます) : Selamat makan
  9. Irasshaimase (いらっしゃいませ): Selamat datang
  10. Itte kimasu (いってきます) : Saya pergi, Saya berangkat
  11. Tadaima (ただいま) : Saya pulang
  12. Sayonara (さよなら) : Sampai jumpa
  13. Ja (じゃ) / Ja, mata (じゃ、また): Sampai jumpa
  14. Oyasuminasai (おやすみなさい): Selamat beristirahat
  15. Arigatou Gozaimasu (ありがとう ございます) : Terima kasih
  16. Omedetou Gozaimasu (おめでとう ございます) : Selamat
  17. Wakarimashita (わかりました) : Saya mengerti
  18. Hai (はい) : Ya
  19. Iie (いいえ) : Tidak
  20. Ganbarimasu (がんばります) : Saya akan berusaha / semangat
  21. Yoroshiku Onegai Shimasu (よろしく おねがい します) : Mohon bantuannya, mohon perhatiannya, mohon pertolongannya

Diatas adalah berbagai macam salam yang sering digunakan dalam keseharian orang Jepang. Mari kita pelajari, hafalkan dan kita praktekkan satu per satu.

Salam semangat !

2 thoughts on “Salam Dalam Bahasa Jepang

  1. Wah thx ni gan infonya,,
    Oia, agan yang satu ni emang top deh,,ane seneng baca” smua isi blog yang agan tulis, bener” bisa ngasih ane suntikan spirit buat lanjutin studi ke jepang, salut deh buat agan bendol,,
    ane boleh tanya” ga gan bentol, seputar skolah, khidupan, ato beasiswa di jepang. Email ke email ane ya gan klo berkenan : arif.fatuloh@yahoo.com

Leave a Reply

