Maret – April : Bulan Kafunsho : Bulan Penderitaan

Kafunsho? Apaan sih itu? Bagi sebagian orang yang tinggal di Jepang, bulan maret sampai april bisa jadi merupakan bulan penderitaan hehehe. Saya katakan bulan penderitaan, karena sebagian besar orang yang tinggal di Jepang akan mengalami alergi yang disebut kafunsho. Alergi kafunsho ini disebabkan oleh serbuk dari pohon yang dalam bahasa Jepang disebut pohon sugi. Serbuk ini bagi sebagian orang menyebabkan hidung menjadi sangat gatal, mampet, bersin bersin, mata gatal dan berair.  Bagi yang parah bisa sampai mengalami pengelupasan kulit misalnya dibagian wajah.

Dari pencarian informasi yang saya dapat, awal mula kafunsho terjadi karena penanaman massal pohon sugi diseluruh Jepang setelah berakhirnya perang dunia kedua. Jadi diceritakan, setelah perang dunia kedua berakhir dengan kekalahan Jepang, kondisi alam di Jepang mengalami kegersangan. Nah untuk menanggulangi kegersangan itu diadakan program semacam reboisasi di seluruh Jepang. Mungkin karena pohon sugi ini dianggap sebagai pohon yang cepat perkembangannya, akhirnya dipilih sebagai pohon yang ditanam dalam program reboisasi tersebut. Ternyata, setelah sekian lama muncul dampak negatif dari pohon sugi yang ditanam masif diseluruh Jepang, yaitu munculnya alergi disaluran pernafasan terutama hidung dan daerah mata pada saat serbuk bunga sugi ini mulai rontok yaitu sekitar bulan maret sampai april setiap tahun.

Ada plus, tentu saja ada minus. Dalam konsep peluang bisnis ada yang mengatakan bahwa dibalik penderitaan seseorang ada peluang bisnis yang muncul dan jika dimanfaatkan akan menjadikan seseorang menjadi sukses. bahasa kasarnya, penderitaan anda adalah rejeki bagi saya hehehe. Nah, dibalik penderitaan jutaan orang yang menderita karena kafunsho ini ada banyak orang atau perusahaan yang meraup untung besar besaran. Kita ambil beberapa contoh, misalnya saja dokter spesialis THT yang kaya raya karena pasiennya membludak pas musim kafunsho. Saya sendiri adalah salah satu penderita kafunsho. Jadi saya merasakan sendiri betapa menderitanya orang yang kena kafunsho. Hidung gatel, kadang kadang mampet, kadang kadang meler, lubang hidung rasanya panas dan bersin bersin. Belum lagi mata pedes, panas dan gatalnya minta ampun. kalau dikucek malah tambah gatal. Pada waktu malam tidak bisa tidur karena saluran pernafasan yang tidak normal. Dalam kondisi tertentu, saking parahnya pas tidur saya terbangun karena mimisan.  Kaget terbangun ditengah malam terus meraba raba hidung yang keluar kok bukan ingus, tapi darah….haduhhh.

Selain dokter spesialis THT, yang dalam bahasa Jepang dikenal dengan istilah jibika, ada juga perusahaan yang panen raya pas musim kafunsho. Misalnya saja perusahaan pembuat masker. Perlu diketahui, masker pas musim kafunsho itu laris manis kayak kacang goreng. Saya tidak bisa menemukan data yang pasti tentang penjualan masker, tapi bisa saya pastikan bahwa musim kafunsho adalah berkah bagi perusahaan pembuat masker hehehe. Perusahaan lain yang ketiban rejeki misalnya perusahaan pembuat obat mata, obat yang buat ngeblok kafunsho agar tidak masuk ke hidung, berbagai macam obat alergi kafunsho, salep buat mengatasi kulit yang mengelupas karena kafunsho dll….masih banyak lagi. Pengalaman saya, ketika pergi ke dokter THT karena kena kafunsho selalu dapat 3 jenis obat, yaitu obat alergi yang diminum, obat tetes mata dan yang terakhir obat berbentuk cairan yang disemprotkan ke lubang hidung. Ketika keluar rumah saya selalu memakai masker. Jadi paling tidak ada 4 item yang saya gunakan untuk meredakan kafunsho.

Karena kafunsho merupakan jenis alergi maka tidak dapat disembuhkan hanya dapat diredakan. Apabila ada pemicu yang muncul misalnya serbuk pohon sugi tadi, maka kafunsho akan muncul lagi. Jadi misalnya sekarang lagi musim kafunsho terus anda pergi ke dokter THT dan hasilnya lumayan reda. Tapi tahun depan pas musim kafunsho dapat dipastikan anda akan terkena kafunsho lagi. Begitu dan seterusnya. Oh iya, apabila seseorang punya alergi misalnya alergi debu atau alergi dingin, kemungkinan untuk kena kafunsho akan semakin besar. Nasib oh nasib.

Ok, ini sekedar cerita tentang kafunsho. Saya lagi berharap banget bulan April ini segera lewat, biar segera lepas dari penderitaan hehehe.

Salam hangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s