Analisis Keunggulan Kompetitif CarMall.com : Toko Online Yang Fokus Pada Penjualan Mobil Baru

Dalam beberapa tahun terakhir, metode penjualan online merupakan cara yang sangat efektif untuk mempertahankan maupun meraih pasar baru. Dalam kehidupan sehari hari banyak sekali kita temui metode penjualan online misalnya saja toko online yang menawarkan produknya kepada masyarakat. Dari sekian ribu toko online tersebut, ada toko online yang secara khusus menawarkan mobil baru, yaitu CarMall.com. Artikel ini berusaha mengupas tentang keunggulan kompetitif CarMall.com, yang baru berumur 2 tahun tetapi terus berkembang secara signifikan, berperan aktif mendukung target pemerintah untuk menjadi leader di dunia otomotif di kawasan Asia Tenggara.

 A. Perkembangan pasar penjualan mobil di Asia Tenggara

Asia tenggara adalah pasar yang sangat potensial untuk semua jenis produk tanpa kecuali, tentu saja termasuk otomotif dalam hal ini mobil. Perkembangan pasar mobil di Asia Tenggara diakui sangat pesat dan ini disadari sepenuhnya oleh produsen mobil dengan berlomba lomba mendirikan pabrik dan menjual produknya di Asia Tenggara. Produsen mobil dari Asia maupun Eropa berusaha untuk terus mendekatkan diri ke Asia Tenggara. Misalnya saja produsen mobil asal Jepang sebut saja Toyota, Daihatsu atau Honda berani berinvestasi dengan nilai ratusan juta yen agar cengkeraman kukunya semakin kuat. Beberapa waktu yang lalu ada berita bahwa produsen mobil asal Eropa yaitu Volkswagen juga memberi kepastian untuk memulai pembangunan pabrik mobil di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Di tingkat Asia Tenggara, pasar mobil Indonesia bersaing ketat dengan Thailand, negara yang selama satu dekade terakhir menjadi basis produksi dan berhak menyandang predikat raja penjualan mobil di Asia Tenggara. Selisih penjualan mobil antara Indonesia dengan Thailand dari tahun ke tahun semakin sedikit. Berdasarkan fakta tersebut, beberapa pihak berani memprediksi sekaligus mentargetkan beberapa tahun lagi dominasi Thailand sebagai basis produksi dan raja penjualan mobil di asia tenggara akan digeser oleh Indonesia. Tabel dibawah ini adalah perbandingan penjualan mobil antara Indonesia dengan Thailand bulan Januari sampai dengan Maret 2012.

Untuk mencapai target sebagai leader di wilayah Asia Tenggara bukan hal yang mustahil meskipun disadari itu tidak mudah. Dengan kerja keras semua pihak dan dukungan dari pemerintah mimpi tersebut akan bisa diraih.

B. Perkembangan pasar penjualan mobil di Indonesia

Dengan penduduk yang mencapai 240 juta jiwa dan ditambah dengan keadaan ekonomi yang makin membaik, sarana transportasi dan telekomunikasi yang membaik, skill individu lokal yang meningkat signifikan, dukungan pemerintah, keamanan yang terus stabil dan kemampuan daya beli individu yang terus meningkat bisa dikatakan Indonesia adalah singa raksasa dari Asia Tenggara. Saat ini Singa raksasa ini sudah bangkit, mengaum dan mencengkeramkan kukunya sehingga suatu saat nanti, 5 atau 10 tahun lagi kawasan Asia Tenggara akan segan padanya.

Kembali ke soal pasar mobil di Indonesia. Ada ungkapan unik yang mungkin pernah kita dengar berkaitan dengan betapa dasyatnya pasar di Indonesia yaitu apapun itu jika dijual di Indonesia pasti laku. Kerupuk saja laris manis, apalagi mobil, pasti laku. Mungkin ungkapan tersebut sedikit berlebihan, tapi kenyataannya memang seperti itu. Kita lihat di jalan jalan protokol di kota tempat kita tinggal, aneka merek dan jenis mobil dengan gampang kita temui. Dari tahun 70an sampai yang model terbaru banyak berseliweran di jalan. Dari yang warnanya sudah kusam sampai yang masing kinclong mudah sekali kita temui. Kalau kita menengok ke kota kota besar misalnya saja Jakarta, yang ikut kena macet bukan hanya mikrolet buntut,  mobil mobil keluaran terbaru juga berjejer kena macet karena jumlahnya yang luar biasa banyak. Agar lebih jelas dan ada dasarnya, marilah kita lihat tabel penjualan mobil nasional dibawah ini.

Berdasarkan data diatas bisa diketahui secara jelas bahwa lonjakan penjualan mobil baru di Indonesia memang benar benar ada. Perbedaan penjualan mobil antara tahun 2011 dengan 2010 mencapai 120.199 unit. Sebuah angka yang fantastis yang sekaligus menjadi bukti bahwa pasar Indonesia sangat potensial dan patut diperhitungkan.

 C. Metode penjualan online dan keunggulannya

Penjualan melalu internet atau online mulai semarak di tanah air dalam 5 atau 10 tahun terakhir. Perkembangan kemudahan koneksi dan biaya yang semakin murah menjadi sebab boomingnya penjualan melalui internet. Dari sudut pandang konsumen, metode penjualan online paling tidak memiliki dua kelebihan, yaitu :

1. Bisa diakses 24 jam non stop

Dunia online tidak mengenal atau dibatasi waktu. Kita bisa 24 jam nonstop mengakses internet untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Berbeda dengan toko offline yang dibatasi oleh jam kerja dan tempat. Toko online mutlak bisa beroperasi setiap saat tanpa dibatasi ruang dan waktu.

2. Praktis dan hemat waktu karena bisa diakses dimana saja tanpa harus pergi ke toko

Konsumen bisa mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa harus keluar dari rumah atau kantor, cukup klik website sesuai dengan keinginannya. Bagi orang yang sibuk kerja dan punya jadwal padat toko online adalah solusi sekaligus penolong.

D. Keunggulan kompetitif CarMall.com

Dalam paradigma ilmu manajemen keunggulan kompetitif diartikan sebagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh pihak lain sehingga. Sedikit berbeda dengan arti tersebut, keunggulan kompetitif CarMall.com bisa dibagi menjadi dua, yaitu keunggulan umum dan keunggulan khusus. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

D.1 Keunggulan umum

Keunggulan umum disini diartikan sebagai keunggulan yang langsung bisa ditemui ketika pengunjung baru saja membuka CarMall.com. Ketika pengunjung baru saja membuka CarMall.com maka paling tidak akan ada dua kesan positif pertama yang bisa diperoleh yaitu :

1.  Tampilan website yang mudah dimengerti

Ketika mencoba mencari informasi mengenai mobil baru dengan cara menelusuri website CarMall.com, pengunjung akan merasakan kemudahan dalam proses pencarian informasi. Ketika menemukan mobil yang dicari, pengunjung diarahkan pada tempat yang jelas sehingga bisa mendapatkan informasi lengkap.

2. Dilengkapi foto mobil  yang sangat membantu calon pembeli

Begitu masuk ke CarMall.com pengunjung disambut oleh foto foto mobil baru yang begitu menarik. Membeli mobil baru tanpa melihat modelnya seperti membeli kucing dalam karung. Tidak nyaman dan tidak tenang. Di CarMall.com pengunjung tidak perlu kwawatir karena foto mobil yang diimpikan oleh pengunjung disediakan dengan apik dari berbagai sudut pengambilan foto.

D.2 Keunggulan khusus

Sedangkan keunggulan khusus disini diartikan sebagai keunggulan yang dirasakan oleh pengunjung toko online setelah pengunjung menghabiskan waktu beberapa lama untuk browsing mencari informasi lebih dalam di CarMall.com. Setelah menelusuri lebih dalam paling sedikit ada 12 keunggulan khusus yang dimiliki oleh CarMall.com. Penjelasan mengenai keunggulan khusus tersebut ada dibawah ini.

1. Sangat spesifik karena fokus pada mobil baru

Ini adalah keunggulan yang jarang ditemui pada toko online yang bergerak pada penjualan mobil di Indonesia. Dari sekian toko online yang menjual mobil di Indonesia, hampir semuanya menyertakan mobil bekas. Tapi CarMall.com mengambil kebijakan sekaligus trik bisnis yang khusus yaitu fokus pada penjualan mobil baru sehingga konsumen dapat mencari mobil baru dengan praktis di CarMall.com.

2. Menyediakan segala macam merek mobil

Tidak semua toko online bisa seperti ini karena pangsa pasar mobil memang sangat besar, perlu jaringan yang luas sekaligus dana yang tidak sedikit. Tapi CarMall.com bisa mengatasi kendala ini dan berhasil menyediakan segala macam merek mobil baru dengan kondisi 100% baru. Mulai dari merek Malaysia, China, Korea, Jepang, Eropa sampai Amerika.

3. Informasi sangat lengkap mencakup harga, gambar, deskripsi, fitur, speks, review, serupa sampai program promo

CarMall.com memberikan informasi yang terintegrasi dan menyeluruh sehingga calon pembeli bisa mendapatkan informasi tentang mobil yang diinginkan secara lengkap cukup dengan browsing di CarMall.com. Informasi yang lengkap ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dan acuan untuk menetapkan, memilih kemudian membeli mobil baru yang diidamkan oleh calon pembeli.

4. Tersedia review tentang mobil yang sangat berguna bagi konsumen yang membutuhkan informasi

Ada ulasan khusus atau review yang dilakukan pada sebuah mobil dimana pihak yang mereview memberikan informasi mengenai keunggulan maupun kekurangan mobil yang direview. Bagi penggemar dunia otomotif maupun calon pembeli review ini sangat menarik dan berguna sekali dalam proses penentuan pembelian mobil baru.

5. Informasi yang uptodate

Dunia otomotif itu bisa diupamakan seperti pagi dan malam hari dimana  pergantiannya terasa cepat sekali. Perkembangan teknologi otomotif, desain, harga, fasilitas keselamatan, produk baru sampai isu mobil ramah lingkungan terus mengalir tanpa henti. 1 hari tidak mengikuti berita kita bisa ketinggalan. CarMall.com mengantisipasi hal ini dengan menyajikan informasi yang uptodate mengenai dunia otomotif secara lengkap.

6. Tersedia simulasi kredit yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen

Ada hal yang baru dan sangat menarik yang bisa ditemui di CarMall.com yaitu simulasi kredit. Dikatakan baru karena pada awalnya simulasi kredit banyak ditemukan pada website yang menjual rumah baru dan CarMall.com mengadopsi ini sehingga bisa dikatakan ini adalah satu langkah maju yang dilakukan oleh website yang fokus pada penjualan mobil baru. Dengan adanya simulasi kredit ini konsumen yang ingin membeli dengan cara kredit dapat mengetahui anggaran yang diperlukan tanpa harus repot repot menggunakan kalkulator.

7. Tersedia berbagai macam event otomotif yang diselenggarakan di Indonesia

Berbagai macam event yang digelar oleh komunitas otomotif tanah air juga tidak luput dari pengamatan CarMall.com. Liputan event ini merupakan bukti bahwa CarMall.com concern dan all out pada perkembangan dunia otomotif di tanah air. CarMall.com bukan hanya menjual mobil untuk mencari keuntungan semata tapi juga concern pada konsumen yang mengadakan event otomotif.

8. Menyediakan tips informasi tentang otomotif yang sangat menarik dan berguna

Mobil itu seperti manusia. Perlu maintenance dan tips tips yang jitu agar tetap fit dan siap digunakan setiap saat. CarMall.com hadir dengan memberikan solusi berupa tips tips agar mobil tetap nyaman, tidak mogok, enak dan aman dikendarai.

9. Kecepatan akses situs yang luar biasa

Ketika mencoba browsing di CarMall.com maka salah satu kesan pertama yang bisa didapatkan adalah kecepatan akses situs. Pengunjung tidak perlu sewot berlama lama menunggu ketika mengklik link di CarMall.com. Dari segi waktu sangat efisien terutama bagi pengunjung situs yang mempunyai jadwal padat. Dari segi biaya juga irit karena kita bisa menekan biaya internet apabila mengakses lewat warnet.

10. Tersedia bermacam macam alternatif harga

Harga adalah salah satu pertimbangan utama dalam membeli mobil dan CarMall.com mengerti hal tersebut dengan memberikan alternatif harga mobil baru mulai dari 50 juta sampai tanpa batas sehingga calon pembeli bisa memilih sesuai dengan budget yang diinginkan.

11. Terhubung dengan direktori otomotif yang sangat bermanfaat bagi konsumen

CarMall.com terhubung dengan direktori otomotif misalnya saja kaca film, audio mobil, pengecatan, AC mobil, ban dan velg, suku cadang, bengkel, aksesoris mobil sampai salon mobil. Bagi pengguna mobil baru maupun lama direktori ini sangat bermanfaat karena memuat informasi yang sangat berguna.

12. Tersedia versi bahasa Inggris

Dari tahun ke tahun semakin banyak warga negara asing yang datang ke Indonesia untuk belajar, bekerja atau menjalankan bisnisnya. Website atau toko online versi bahasa Inggris sangat bermanfaat bagi warga negara asing karena keterbatasan kemampuan bahasa Indonesia yang dimiliki. CarMall.com memberikan solusi dengan memberikan alternatif bahasa selain bahasa Indonesia yaitu bahasa Inggris.

E. Sedikit usulan untuk CarMall.com

Semakin banyak website atau toko online yang menyediakan fasilitas membership dimana orang yang telah menjadi membership diberi fasilitas kemudahan, potongan harga, doorprize atau sekedar cinderamata ketika melakukan transaksi lewat toko online tersebut. Dalam psikologi konsumen, peranan membership bukan hanya sekedar selembar kartu tapi ini bisa seperti ikatan bathin yang akan mendekatkan konsumen dengan pihak toko online meskipun secara fisik berjauhan. Mungkin ada baiknya jika CarMall.com menyediakan fasilitas ini diwebsitenya sehingga ikatan bathin pengunjung semakin kuat seiring dengan perkembangan CarMall.com.

F. Penutup

Perkembangan pasar mobil di Indonesia berkembang sangat pesat sehingga bisa diprediksi dalam 5 sampai 10 tahun kedepan pasar mobil Indonesia bisa menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Seiring dengan perkembangan pasar mobil tersebut, metode penjualan juga mulai bergeser dengan memanfaatkan teknologi internet salah satunya melalui website atau toko online. Dari sekian banyak toko online yang memasarkan mobil, CarMall.com membuat satu langkah maju yaitu mengkhususkan diri pada penjualan mobil baru dipadukan dengan berbagai macam informasi yang lengkap dan terintegrasi tentang dunia otomotif di Indonesia sehingga bagi konsumen yang ingin membeli mobil baru, CarMall.com sangat recommended untuk dijadikan acuan.

2 thoughts on “Analisis Keunggulan Kompetitif CarMall.com : Toko Online Yang Fokus Pada Penjualan Mobil Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s